Jelajah
IMG-LOGO
KKN UNTIDAR PER.II 2023/2024

Mahasiswa KKN UNTIDAR 2024 Berpartisipasi dalam Kegiatan Pengajian Isra' Mi'raj di Dusun Kwancen

Create By nikenlarass 06 February 2024 55 Views
IMG

Dalam rangka memperingati Israj Mira'j Nabi Muhammad SAW 1445 H mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Tidar berpartisipasi aktif dalam kegiatan peringatan Israj Mira'j yang diselenggarakan di RW 01 Kwancen, Bandongan pada tanggal 28 Januari 2024. Kegiatan yang digelar merupakan salah satu kegiatan rutinan yang diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatan yang digelar di Dusun Kwancen tidak hanya membangun harmoni antarwarga, tetapi juga melibatkan keterlibatan mahasiswa dalam kehidupan masyarakat setempat. Isra Miraj sendiri merupakan salah satu peristiwa penting dalam agama Islam, di mana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Makkah ke Yerusalem dan naik ke langit untuk bertemu dengan Allah SWT. Peristiwa ini diperingati setiap tahun oleh umat Muslim di seluruh dunia.

 

Masyarakat menyambut peringatan Isra Mi'raj dengan penuh semangat. Masyarakat sekitar berpartisipasi aktif dalam membantu persiapan sebelum acara dimulai. Masyarakat saling bergotong royong dalam membantu persiapan acara dengan penuh semangat. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Untidar turut membantu persiapan sebelum acara dimulai. Seperti membantu dalam mempersiapkan konsumsi, dan juga membantu merapikan kursi.

 

Pada saat acara tampak masyarakat menyambut peringatan Israj Mira'j dengan penuh kecerian. Terlihat dari banyaknya tamu undangan yang datang.  Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti pembacaan ayat suci Al-quran, tahlil, ceramah agama, dan juga pembacaan doa bersama.   Pelaksanaan Israj Mira'j sendiri tepatnya di Mushola Al-Ikhlas Kwancen bandongan. Acara dimulai jam 19.30 WIB dengan tamu undangan  yaitu sebanyak 750 undangan, dimana undangan sendiri diperuntukkan untuk masyarakat umum. Peringatan Israj Mira'j kali ini turut mengundang ustadzah yakni Alif Silfia Lutfiyah. Dalam kegiatan ini ceramah yang disampaikan yaitu tentang 3 golongan yang masuk surga. Harapannya kegiatan peringatan   Israj Mira'j dapat terlaksana lagi ditahun depan.