Jelajah
IMG-LOGO
Karang Taruna Dharma Kencana

SEMINAR GEN-Z DAN PERKEMBANGAN DIGITALISASI

Create By Wong nDeso 24 December 2023 1118 Views
IMG

Hari Minggu yang sering dianggap sebagai hari libur atau hari istirahat dan bagi sebagian orang banyak dimanfaatkan untuk bersantai dan menikmati waktu bersama keluarga atau melakukan aktivitas rekreasi, bagi Karang Taruna Dharma Kencana Desa Bandongan hal tersebut tidak berlaku pada hari Minggu 24 Desember 2023 yang cerah ini.

Bertempat di ATM-J café & resto, para generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna Dharma Kencana Desa Bandongan melakukan kegiatan seminar yang mengusung tema Gen-Z dan Perkembangan Digitalisasi, dengan menghadirkan tiga narasumber yang erat hubungannya dengan perkembangan digitalisasi, Khoirul Anam yang merupakan influencer dengan konten outfil yang nyeleneh dan absurd, content creator Deva Danu Wardana owner dari PamzkyStudio, dan Nur Rahma Anandani, A,Md.I.Kom. dari DISKOMINFO Kabupaten Magelang.

 

Kepala Desa Bandongan Bpk. Sujono, S.A.P. yang dalam sambutannya sekaligus membuka acara seminar Gen-Z dan Perkembangan Digitalisasi menyampaikan peran generasi muda sebagai penentu kemajuan zaman memiliki dampak yang signifikan pada perkembangan sosial, ekonomi, dan teknologi. Melalui potensi inovatif, semangat kewirausahaan, dan komitmen pada nilai-nilai positif, generasi muda memiliki peran kunci dalam membentuk arah dan kemajuan masyarakat. Dukungan dari pihak lain, termasuk generasi sebelumnya dan pemangku kepentingan dalam hal ini adalah Pemerintah Desa Bandongan, berkomintmen untuk mendukung dan membantu memberdayakan peran positif generasi muda sebagai agen perubahan dan penentu kemajuan zaman.

 

Penyampaian materi dalam seminar Gen-Z dan Perkembangan Digitalisasi diawali oleh Khoirul Anam. Disampaikan, salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan dari seorang content creator adalah konsistensi dalam membangun audiens dan mendapatkan pengaruh. Ingatlah bahwa perjalanan menjadi seorang content creator memerlukan waktu dan upaya. Konsistensi, ketekunan, dan dedikasi adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam dunia konten kreatif.

 

Selanjutnya, Nur Rahma Anandani, A,Md.I.Kom. dari DISKOMINFO Kabupaten Magelang menyampaikan ,Generasi Z atau juga dikenal sebagai Gen Z, merupakan kelompok orang yang lahir sekitar pertengahan 1990-an hingga awal 2010-an. Generasi ini tumbuh dalam era teknologi digital yang berkembang pesat, dan digitalisasi memainkan peran kunci dalam membentuk cara hidup, bekerja, dan berinteraksi bagi anggota Generasi Z. Dengan terus berkembangnya teknologi, hubungan antara Generasi Z dan digitalisasi akan terus berubah. Generasi ini memiliki peran signifikan dalam menggagas dan mengadopsi inovasi digital yang akan membentuk masa depan teknologi dan cara hidup digital.

 

Seminar selanjutnya diisi oleh content creator Deva Danu Wardana owner dari PamzkyStudio sebagai pemateri terakhir. Dimulai dengan memberikan pemahaman tentang digital marketing, teknik melakukan marketing digital sampai dengan mengatasi masalah yang sering timbul dalam dunia digital marketing agar bisa terus bertahan. Selanjutnya, Deva Danu Wardana memberikan kesimpulan :

"Digital marketing adalah suatu hal yang mudah untuk dijalankan dan di pelajari secara berkala , dan akan sulit di jalankan ketika diri kalian sudah mengharapkan sesuatu hal yang instan,

yang terpenting kalian usaha terlebih dahulu untuk menghasilkan hasil yang maksimal, untuk masalah feedback hasil secara materi yang kita dapat itu adalah urusan takdir dari Yang Maha Kuasa.

Konsisten itu mudah tapi tidak semua orang bisa."

 

Disela-sela kegiatan, salah satu anggota Karang Taruan Dharma Kencana, Quwaysy Albana yang merupakan ketua panitia kegiatan ini menyampaikan untuk menjaga keberlanjutan kegiatan seminar digitalisasi ini, ada beberapa langkah yang akan diambil untuk memastikan keberlanjutan, keterlibatan peserta, dan dampak yang berkelanjutan. Salah satunya dengan menyiapkan komunitas yang terkait dengan seminar, seperti grup di media sosial atau forum diskusi. Hal ini akan memungkinkan peserta untuk terus berkomunikasi, bertukar informasi, dan memperluas jaringan mereka.

Media sosial :

Khoirul Anam (@anam_chenel)

Deva Danu Wardana (@pamzkystd )

96,8 FM Radio Gemilang

Konten Populer - Karang Taruna Dharma Kencana