Jelajah
IMG-LOGO
BERITA DESA

Study Banding Pemerintah Desa Winong Kabupaten Kendal di Pemerintah Desa Bandongan

Create By Wong nDeso 30 November 2023 64 Views
IMG

Pada tanggal 25 November 2023, Pemerintah Desa Bandongan kedatangan tamu rombongan dari Pemerintah Desa Winong Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. Maksud kedatangan dari Pemerintah Desa Winong ke Pemerintah Desa Bandongan adalah untuk melakukan studi banding.

Pada kegiatan studi banding tersebut, Kepala Desa beserta Perangkat Desa juga Lembaga Desa yang lain seperti BPD, TP-PKK, Kader Desa, juga Babinsa dan Babinkantibmas menyampaikan maksud dan tujuan kegaiatan hari ini yang disampaikan oleh Kepala Desa Winong Bpk. Angsori adalah untuk melihat dan mendengar langsung kegiatan pemerintahan dari Pemerintah Desa Bandongan dengan harapan bisa sebagai pembanding dalam melakukan pengelolaan keuangan, pengembangan infrastruktur maupun program-program desa lainnya. Peningkatan keterampilan manajerial juga menjadi salah satu tujuan juga selain untuk pengembangan jaringan. Dalam sambuatannya, terakhir Kades Winong menyampaikan semoga kegiatan hari ini bisa saling memberi inspirasi dan motivasi bagi semua yang hadir dalam kegiatan studi banding.

Sekretaris Desa Bandongan Bpk. Wardoyo menyampaikan beberapa potensi yang ada di Desa Bandongan dengan sebelumnya menyampaikan profil dan memperkenalkan seluruh Perangkat Desa Bandongan dan para tamu yang dihadirkan kepada peserta studi banding dari Pemerintah Desa Winong.

Selanjutnya disampaikan juga terkait Sistem Informasi Desa yang selama ini sudah dilakukan oleh Pemerintah Desa Bandongan. Dalam sesi tanya jawab, salah satu peserta studi banding dari Pemerintah Desa Winong Ibu Nur Fitriyani, S.Pd. menanyakan terkait bagiamana kiat yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Bandongan dalam mengelola Sistem Informasi Desa agar terus update dalam memberikan informasi dan bisa memberi manfaat kepada Masyarakat.

Pemerintah Desa Bandongan dalam mengelola Sistem Informasi Desa tidak bisa melakukan dengan sendiri, tetapi harus dengan mengajak pihak-pihak lain seperti lembaga desa, masyarakat desa dan siapa saja yang bersedia berkontribusi dalam membangun Sistem Informasi Desa. Seperti ketika Pemerintah Desa Bandongan dijadikan salah satu tujuan dilaksanakannya KKN oleh UNNES. Pada saat itu, ketika dilakukan penerimaan Mahasiswa UNNES, Pemerintah Desa Bandongan meminta para peserta KKN untuk memberitakan setiap kegiatan yang dilakukan melalui web desa Bandongan, jelas Sekretaris Desa Bandongan.

Akhirnya, kolaborasi yang baik antara Pemerintah Desa Winong dan Pemerintah Desa Bandongan diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang saling menguntungkan.