Jelajah
IMG-LOGO
KKN UIN Salatiga 2024

Mahasiswa UIN Salatiga Bersihkan Musholla di Dusun Karangkulon

Create By Tim Dokumentasi KKN UIN Salatiga 02 February 2024 36 Views
IMG

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, sebanyak 10 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Karangkulon, Desa Bandongan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, berpartisipasi dalam kegiatan pembersihan musholla di komplek perumahan RT 01 dusun Karangkulon. Kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu, 17 Januari 2024.

Kegiatan pembersihan musholla ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat ibadah bagi warga dusun Karangkulon, khususnya yang tinggal di komplek perumahan RT 01. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempererat silaturahmi antara mahasiswa KKN dengan warga dusun Karangkulon, serta menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Salah satu mahasiswa KKN UIN Salatiga, Reza, mengatakan bahwa kegiatan pembersihan musholla ini merupakan salah satu program kerja yang telah direncanakan sebelumnya oleh kelompok KKN. "Kami ingin berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, khususnya tempat ibadah yang menjadi pusat kegiatan keagamaan warga dusun Karangkulon. Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga dan menjadi contoh bagi generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua RT 01 dusun Karangkulon, Bapak Sudarmanto, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UIN Salatiga. Ia mengatakan bahwa kegiatan pembersihan musholla ini sangat membantu warga dalam menjaga kebersihan tempat ibadah mereka. "Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN UIN Salatiga yang telah bersedia membantu kami dalam membersihkan musholla. Kami merasa senang dan bangga dengan kehadiran mereka di dusun kami. Kami berharap mereka dapat terus belajar dan berprestasi di kampusnya," ungkapnya.

Kegiatan pembersihan musholla ini berlangsung selama kurang lebih dua jam, mulai dari pukul 10.00 hingga 11.30 WIB. Mahasiswa KKN UIN Salatiga dan warga dusun Karangkulon bersama-sama membersihkan bagian dalam dan luar musholla, termasuk lantai, dinding, atap, kaca, karpet, meja, kursi, rak Al-Qur'an, dan peralatan shalat lainnya. Selain itu, mereka juga membersihkan halaman dan saluran air di sekitar musholla.

Kegiatan pembersihan musholla ini merupakan salah satu dari berbagai kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh mahasiswa KKN UIN Salatiga di dusun Karangkulon. Sebelumnya, mereka juga telah mengikuti kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang tersebar di berbagai dusun di desa Bandongan. Kedepannya, mereka juga berencana untuk mengadakan kegiatan sosialisasi, pengajaran, dan keagamaan.

Mahasiswa KKN UIN Salatiga di dusun Karangkulon merupakan bagian dari mahasiswa UIN Salatiga yang mengikuti KKN semester genap Tahun Akademik 2023/2024. Mereka terbagi menjadi beberapa kelompok yang tersebar di berbagai lokasi di Salatiga, Kabupaten Semarang, dan Kabupaten Magelang. KKN UIN Salatiga merupakan salah satu program akademik yang wajib diikuti oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Melalui KKN, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di kampus dengan mengabdi kepada masyarakat.