Jelajah
IMG-LOGO
KKN UIN Salatiga 2024

Sosialisasi Pengembangan Potensi Diri dan Karir di SMA Sholihin Bandongan oleh Mahasiswa KKN UIN Salatiga

Create By Tim Dokumentasi KKN UIN Salatiga 09 February 2024 39 Views
IMG

Magelang, 6 Februari 2024 – Sebanyak 40 orang siswa dan siswi kelas 12 SMA Sholihin Bandongan mengikuti kegiatan sosialisasi potensi diri dan karir yang diadakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga pada hari Selasa, 6 Februari 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada para siswa yang akan menghadapi ujian nasional dan memilih jalur pendidikan atau pekerjaan setelah lulus SMA.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung dari pukul 12.30 sampai dengan 13.45 di aula SMA Sholihin Bandongan. Adapun para pemateri yang hadir yaitu Kak Aprilia Ismawati dan Kak Difa Azri Aufa, yang merupakan mahasiswa KKN UIN Salatiga angkatan 2023/2024. Kak Aprilia Ismawati membawakan materi tentang potensi diri, yaitu bagaimana cara mengenali kelebihan dan kekurangan diri, menentukan tujuan hidup, dan mengembangkan bakat dan minat. Kak Difa Azri Aufa membawakan materi tentang kiat-kiat karir setelah jenjang SMA, yaitu bagaimana cara memilih jurusan kuliah, beasiswa, atau pekerjaan yang sesuai dengan potensi diri, serta tips sukses dalam menghadapi tantangan masa depan.

Para siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini tampak antusias dan aktif dalam mengajukan pertanyaan dan diskusi dengan para pemateri. Mereka juga mendapatkan materi dan souvenir berupa buku, pulpen, dan stiker dari mahasiswa KKN UIN Salatiga. Salah satu siswa yang mengikuti kegiatan ini, Tono, mengatakan bahwa ia merasa terbantu dan termotivasi oleh materi yang disampaikan. “Saya jadi lebih tahu tentang potensi diri saya dan apa yang harus saya lakukan untuk mencapai cita-cita saya. Saya juga jadi lebih paham tentang berbagai pilihan karir yang ada setelah SMA. Terima kasih Kak Aprilia dan Kak Difa, semoga sukses selalu,” ujar Tono.

Kepala SMA Sholihin Bandongan, Bapak Fachrodin, mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UIN Salatiga. Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan dampak positif bagi para siswa dan siswi kelas 12 yang akan menghadapi ujian nasional dan memasuki dunia baru setelah lulus SMA. “Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN UIN Salatiga yang telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi ini. Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para siswa kami untuk mengembangkan potensi diri dan karir mereka. Kami juga berharap bahwa kerjasama antara SMA Sholihin Bandongan dan UIN Salatiga dapat terus berlanjut dan meningkat di masa mendatang,” tutur Bapak Fachrodin.

Kegiatan sosialisasi potensi diri dan karir ini merupakan salah satu dari berbagai kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UIN Salatiga selama berada di Desa Bandongan. Selain itu, mahasiswa KKN UIN Salatiga juga melakukan kegiatan lain seperti bakti sosial, pengajian, pelatihan komputer, senam sehat, dan lain-lain. Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah bagi masyarakat Desa Bandongan, sekaligus menjadi media pembelajaran dan pengembangan diri bagi mahasiswa KKN UIN Salatiga.