Jelajah
IMG-LOGO
KKN UIN Salatiga 2024

Menginspirasi Melalui Pengabdian: Mahasiswa KKN UIN Salatiga Berkolaborasi dengan TK Pertiwi 1 Bandongan dalam Proses Pembelajaran

Create By Tim Dokumentasi KKN UIN Salatiga 12 February 2024 43 Views
IMG

Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga mengadakan program pengabdian masyarakat dalam bentuk mengajar selama dua Minggu di TK Pertiwi 1 Bandongan. Dalam kesehariannya, mereka para mahasiswa membawa semangat pembelajaran yang interaktif dan berdaya dorong dengan tema pelajaran yang berbeda setiap harinya kepada para murid TK Pertiwi 1 Bandongan.

 

Melalui metode yang kreatif dan beragam seperti menyanyi dan memperlihatkan secara langsung tema pelajaran pada hari itu, mereka mengajak anak-anak untuk belajar tentang berbagai aspek dari hewan, mulai dari karakteristik fisik hingga perilaku. Tidak hanya hewan, mereka juga belajar mengenai buah-buahan, bahan baku pangan yang termasuk ke dalam jenis karbohidrat, transportasi dll. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada anak-anak, tetapi juga mendorong mereka untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, menciptakan pengalaman yang berkesan dan bermanfaat bagi kedua belah pihak.

 

Setelah pemaparan materi dan berdiskusi mengenai tema pelajaran hari itu, anak-anak diminta untuk melakukan empat kegiatan, termasuk menulis, melakukan perhitungan matematika sederhana, menggambar tema pelajaran pada hari itu dan menulis ejaan kata menggunakan bahan seperti batu kerikil, kancing, atau tutup botol.

 

Setelah menyelesaikan semua jenis kegiatan pembelajaran, anak-anak diminta untuk bermain di dalam kelas, seperti bongkar-pasang balok, menyusun huruf, dan membuat origami. Pada jam 9, mereka istirahat untuk makan siang, biasanya mereka sudah terlatih untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan bekal yang mereka bawa dari rumah. Setelah makan, mereka mencuci tangan lagi sebelum beristirahat dan bermain di luar kelas.

 

Setelah jam istirahat selesai, anak-anak akan kembali ke dalam kelas lalu melakukan doa bersama sebelum pulang, termasuk doa orang tua, doa sebelum pergi keluar rumah, doa sebelum naik kendaraan, doa kafaratul majlis, dan doa sebelum pulang. 

 

Dengan semangat pengabdian dan dedikasi yang tinggi, kolaborasi antara mahasiswa KKN UIN Salatiga dan TK Pertiwi 1 Bandongan telah menciptakan momentum berharga dalam memperkaya pengalaman belajar anak-anak serta mempererat ikatan antara perguruan tinggi dan masyarakat lokal. Keberhasilan ini menegaskan pentingnya peran aktif dalam memberikan kontribusi positif bagi pembangunan pendidikan di tingkat dasar dan mewujudkan visi bersama untuk menciptakan generasi masa depan yang lebih cerdas dan berdaya saing.